Senin, 11 Oktober 2010

Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran EKONOMI Untuk: SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS

Kurikulum Berbasis Kompetensi

Mata Pelajaran
EKONOMI



Untuk:
SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS















DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
Badan Penelitian dan Pengembangan
Pusat Kurikulum
Jakarta, 2001


KATA PENGANTAR


Buku ini merupakan acuan bagi guru, orang tua siswa, dan pembina pendidikan untuk memahami dan melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi tiap mata pelajaran pada satuan pendidikan tertentu. Dalam buku ini disajikan rasional tentang penyusunan kurikulum berbasis kompetensi, pengertian mata pelajaran, fungsi dan tujuan, pendekatan yang digunakan, kompetensi dasar, materi pokok, indikator keberhasilan, dan rambu-rambu dalam melaksanakan kurikulum.

Buku ini disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum dari Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas, ahli dari perguruan tinggi, guru, kepala sekolah, dan pengawas. Dalam proses pengembangannya juga mendapat kontribusi dari berbagai pihak. Untuk itu diucapkan terima kasih kepada seluruh pengembang dan kontributor atas jerih payah, masukan, dan saran-sarannya yang bermanfaat bagi terwujudnya buku ini.

Buku Kurikulum Berbasis Kompetensi Edisi Agustus 2001 ini tentunya masih memerlukan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharap kritik dan saran dari pembaca untuk penyempurnaan buku ini. Kritik dan saran itu dapat disampaikan kepada Balitbang Depdiknas, Kompleks Depdiknas Gedung E Lantai 2, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. Kotak Pos 4197 JKP 10041.


Jakarta, Agustus 2001
Kepala Balitbang

Dr. Boediono



DAFTAR ISI

I. Pendahuluan 1
A. Rasional 1
B. Pengertian 2
C. Fungsi dan Tujuan 2
D. Kompetensi Umum 2
E. Materi Pokok 3
F. Pendekatan dan Organisasi Penyajian 4
G. Rambu – Rambu 4
II. Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Indikator Pencapaian
Hasil Belajar 5


I. PENDAHULUAN


Kurikulum disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara nasional. Mutu pendidikan yang tinggi diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, demokratis, dan mampu bersaing sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan semua warga negara Indonesia. Penyempurnaan kurikulum dilakukan secara responsif terhadap penerapan hak asasi manusia, kehidupan berdemokrasi, globalisasi dan otonomi daerah.

Kesejahteraan bangsa bukan lagi bersumber pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik, tetapi bersumber pada modal intelektual, modal sosial dan kredibilitas sehingga tuntutan untuk terus menerus memutakhirkan pengetahuan menjadi suatu keharusan. Mutu lulusan tidak cukup bila diukur dengan standar lokal saja sebab perubahan global telah sangat besar mempengaruhi ekonomi suatu bangsa. Terlebih lagi, industri baru dikembangkan dengan berbasis pengetahuan kompetensi tingkat tinggi, maka bangsa yang berhasil adalah bangsa yang berpendidikan dengan standar mutu yang tinggi. Dengan demikian fungsi pendidikan diperluas sebagai hak asasi manusia yang mendasar, modal ekonomi, sosial dan politik; alat pemberdayaan kelompok yang kurang beruntung, landasan budaya damai dan sebagai jalan utama menuju masyarakat belajar sepanjang hayat.

Agar lulusan pendidikan nasional memiliki keunggulan kompetitif dan komperatif sesuai standar mutu nasional dan internasional, kurikulum perlu dikembangkan dengan pendekatan berbasis kompetensi. Hal ini harus dilakukan agar sistem pendidikan nasional dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta tuntutan desentralisasi. Dengan cara seperti ini lembaga pendidikan tidak akan kehilangan relevansi program pembelajarannya terhadap kepentingan daerah dan karakteristik peserta didik serta tetap memiliki fleksibilitas dalam melaksanakan kurikulum yang berdiversifikasi. Basis kompetensi harus menjamin pertumbuhan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, penguasaan keterampilan hidup, akademik, dan seni, pengembangan kepribadian Indonesia yang kuat dan berakhlak mulia.


A. Rasional

Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai dengan tuntutan GBHN 1999-2004 serta perkembangan IPTEK dan globalisasi yang telah mengakibatkan perubahan pada aspek kehidupan manusia termasuk aspek ekonomi maka di perlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur.
Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas diperlukan adanya sistem pendidikan dan kurikulum yang bersifat fleksibel dan dinamis serta mampu mengakomodasikan keaneragaman siswa, potensi daerah, kualitas SDM, sarana belajar, dan kondisi sosial budaya.


Kurikulum ekonomi 1994 yang berlaku di SMU, masih bersifat nasional, sarat materi, sebagian materi tumpang tindih pada tingkat pendidikan yang berbeda, sehingga beberapa kegiatan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Berdasarkan permasalahan di atas, ketetapan MPR No. IV/1999 bidang pendidikan dan UU No. 22/1999 tentang otonomi daerah menyatakan perlunya dilakukan pembaharuan sistem pendidikan dan kurikulum yang dapat mengakomodasikan diversifikasi potensi sumber daya di masing-masing daerah. Sesuai dengan PP RI No. 22/2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan propinsi sebagai daerah otonomi. Maka disusunlah kurikulum yang berbasis kompetensi yang lebih fleksibel dan dinamis.
Dalam kurikulum ini pemerintah pusat menentukan standar kompetensi standar yang berlaku di seluruh daerah, namun pemerintah daerah juga diberi keleluasaan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi daerah masing-masing. Isi materi pelajaran ekonomi dalam kurikulum ini lebih disederhanakan dan difokuskan pada ekonomi sebagai fenomena empirik yang terjadi di sekitar siswa, sehingga siswa dituntut lebih aktif untuk merekam peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi di lingkungannya dan mengambil manfaat untuk kehidupannya yang lebih baik.

B. Pengertian

Ekonomi merupakan ilmu atau seni tentang upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang banyak, bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi.

C. Fungsi dan Tujuan

Fungsi mata pelajaran ekonomi adalah mengembangkan kemampuan siswa untuk berekonomi, dengan cara mengenal berbagai kenyataan dan peristiwa ekonomi, memahami konsep dan teori serta berlatih memecahkan masalah ekonomi yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Tujuan mata pelajaran ekonomi di Sekolah Mengah Umum adalah untuk:
1. Membekali siswa tentang konsep ekonomi untuk mengetahui dan mengerti peristiwa dan masalah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan setingkat individu/rumah tangga, desa, kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional, regional/kawasan, dan internasional;
2. Membekali siswa tentang konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi pada jenjang selanjutnya, dan
3. Membekali nilai-nilai serta etika ekonomi/bisnis dan memiliki jiwa wirausaha.

D. Kompetensi Umum:

1. Kompetensi Ilmu Sosial
a Memahami keanekaragaman struktur dan dinamika sosial budaya dalam kehidupan bermasyarakat
b. Memahami usaha memenuhi kebutuhan hidup dengan keterbatasan sumber daya
c. Memahami keanekaragaman gejala alam dan kehidupan di muka bumi, proses kejadian, interaksi dan proses kejadiannya
d. Memahami proses perkembangan dan perubahan masyarakat, identitas, dan pengalaman pada masa lampau
e. Menganalisa secara kritis situasi sosial budaya yang dihadapi untuk melangsungkan interaksi sosial dalam lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa
f. Mampu melakukan tindakan ekonomi (menentukan pilihan dan memanfaatkan peluang)
g. Menganalisis persebaran gejala alam dan kehidupan di muka bumi secara kemajuan dan kelingkungan
h. Mampu berpikir kronologis, menganalisis, menginterpretasikan, dan merekonstruk-si masa lalu untuk memahami kekinian.

2. Kompetensi Jenjang
a. Menggunakan konsep wilayah dalam menginterpretasikan keragaman dan memahami interaksi antara lingkungan fisik dan sosial budaya di suatu wilayah.
b. Menggunakan peta dan tampilan geografis lainnya untuk mengelola informasi fisik dan sosial budaya dalam konteks keruangan.
c. Menggunakan konsep, teori, pengertian fakta, peristiwa dan masalah ekonomi dalam lingkup perorangan, keluarga, dan masyarakat untuk berperilaku ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
d. Menerapkan nilai-nilai etika bisnis serta memiliki jiwa wirausaha.
e. Memiliki kemampuan untuk menemukan, mengidentifikasi, dan mengklasifikasi berbagai sumber sejarah dan adanya keragaman interpretasi terhadap masa lalu yang digunakan untuk merekonstruksi dan mendiskusikan peristiwa.
f. Mampu mengklasifikasi perkembangan masyarakat untuk menjelaskan proses perubahan yang berkelanjutan atau tidak berkelanjutan dari waktu kewaktu.
g. Memahami dan mampu menerapkan pengetahuan dasar sosiologi serta mampu menganalisis dan melangsungkan komunikasi sosial dalam keragaman realitas sosial dan budaya dengan berbagai pandangan dan pendirian yang dijumpai dalam kehidupan sosial.
h. Mengkaji, menganalisis dan membandingkan secara kritis tentang keanekaragaman budaya, perubahan dan globalisasi dalam kaitannya dengan proses pengembangan identitas diri, kelompok dan kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

3. Kompetensi Mata Pelajaran
a. Memahami peristiwa dan permasalahan dasar ekonomi dan menentukan pilihan pemenuhan kebutuhannya dengan sumber daya yang tersedia
b. Memahami peristiwa ekonomi pokok (produksi, konsumsi, dan distribusi) yang terjadi di lingkungan sekitarnya, terutama setingkat desa, kecamatan, kabupaten, propinsi, nasional, regional, dan internasional
c. Memahami konsep-konsep ekonomi yang dibutuhkan untuk memperdalam ilmu ekonomi di jenjang selanjutnya;
d. Mengidentifikasi permasalahan ekonomi yang terjadi di daerahnya (secara sederhana) dan mampu mencari alternatif pemecahannya dan
e. Menerapkan nilai-nilai etika ekonomi/bisnis dan memiliki jiwa wirausaha.

E. Materi Pokok

Materi Pokok ekonomi mencakup :
• Ilmu ekonomi dan permasalahannya
• Kegiatan ekonomi
• Pembentukan harga dan Struktur Pasar
• Perekonomian Masyarakat
• Kegiatan ekonomi pemerintah
• Uang, Bank, dan kredit
• Kebijakan moneter
• Perdagangan internasional
• Penggunaan peralatan matematis dan statistika secara sederhana dalam analisa
ekonomi
• Perekonomian Indonesia berdasarkan Pasal 33 UUD 1945
• Koperasi dan Wirausaha
• Pembangunan Ekonomi Indonesia
• Sistem Ekonomi

F. Pendekatan dan Organisasi Penyajian

Pembelajaran ekonomi di SMU menggunakan pendekatan pemecahan masalah dimana siswa dapat memecahkan masalah-masalah ekonomi di masyarakat terutama dalam mencari alternatif pemecahannya. Agar pembelajaran lebih bermakna maka penyajian materi di mulai dari mengidentifikasi fakta tentang peristiwa dan permasalahan ekonomi, pemahaman beberapa konsep dan ilmu dasar ekonomi, mencari alternatif pemecahan masalah ekonomi serta menilai kebaikan dan keburukan kebijakan pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi.

G. Rambu-rambu

• Kurikulum berbasis kompetensi merupakan pedoman bagi pengembang kurikulum di daerah untuk menyusun silabus yang akan digunakan oleh guru dalam melaksanakan tugas mengelola proses belajar mengajar di sekolah.
• Pemahaman pengembang kurikulum di daerah terhadap kurikulum standar nasional merupakan syarat mutlak agar dapat disusun silabus sesuai dengan kebutuhan daerah.
• Kurikulum berbasis kompetensi berbentuk matrik yang meliputi kompetensi dasar yang merupakan uraian kemampuan yang memadahi atas pengetahuan, keterampilan, dan sikap mengenai materi standar. Kemampuan ini perlu dimiliki dan dikembangkan secara maju dan berkelanjutan seiring dengan perkembangan siswa. Materi standar merupakan bagian dari struktur keilmuan suatu bahan kajian. Indikator merupakan jabaran kompetensi dasar yang secara spesifik dapat dijadikan ukuran untuk menilai ketercapaian hasil pembelajaran.
• Dalam kurikulum berbasis kompetensi, metode, penilaian, dan sumber belajar yang digunakan tidak dicantumkan secara khusus agar guru dapat mengembangkan kurikulum secara optimal berdasarkan kompetensi standar yang harus dicapai dan disesuaikan dengan kondisi setempat.
• Isi materi lebih dijelaskan dan difokuskan pada ekonomi sebagai fenomena empirik yang terjadi di sekitar siswa sehingga siswa diminta lebih aktif merekam peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi di sekitar kehidupannya.
• Dalam mencapai hasil belajar, guru hendaknya lebih menekankan aspek sikap berekonomi meskipun di dalam dokumen tidak tertulis secara eksplisit.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, INDIKATOR
MATA PELAJARAN : EKONOMI SMU

Kelas I/1 dan 2

Kompetensi Dasar
Menguraikan manusia sebagai homo ekonomikus

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Manusia sebagai homo ekonomikus • Mengidentifikasi sifat manusia yang selalu ingin meningkatkan hidupnya (kemakmuran)
• Mengenal manusia sebagai makhluk ekonomi

Kompetensi Dasar
Menganalisis ilmu ekonomi dan masalah pokok ekonomi

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Ilmu Ekonomi dan masalah pokok ekonomi • Mendefinisikan ilmu ekonomi
• Mengidentifikasi 3 masalah pokok ekonomi (What, How; dan For Whom)
• Mengidentifikasi masalah ekonomi yang dihadapi negara sedang berkembang
• Mengidentifikasi masalah ekonomi yang dihadapi negara maju
• Mengidentifikasi cara memecahkan masalah kehidupan dengan menggunakan berbagai disiplin ilmu

Kompetensi Dasar
Menganalisis kegiatan konsumsi barang dan jasa

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Konsumsi • Mendefinisikan konsumsi dan tujuannya
• Menarik kesimpulan tentang fungsi konsumsi
• Menyatakan manfaat dan nilai suatu barang
• Menguraikan teori perilaku konsumen
• Menerapkan pola hidup hemat dalam perilaku konsumsi

Kompetensi Dasar
Menganalisis kegiatan produksi barang dan jasa

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Produksi • Mendefinisikan produksi dan tujuannya
• Menarik kesimpulan tentang fungsi produksi
• Menarik kesimpulan tentang teori produksi
• Mengidentifikasi perilaku produksi yang mengutamakan kepentingan masyarakat


Kompetensi Dasar
Menganalisis kegiatan distribusi barang dan jasa

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Distribusi • Mendefinisikan distribusi dan tujuannya
• Menarik kesimpulan tentang fungsi distribusi
• Menguraikan berbagai saluran distribusi
• Menguraikan pemerataan dan keadilan dalam semua kegiatan distribusi

Kompetensi Dasar
Menganalisis pembentukan harga

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Pembentukan harga • Menginterpretasi hukum Permintaan dan Penawaran serta asumsi-asumsinya.
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
• Menerapkan fungsi permintaan dan penawaran serta menggambar grafiknya.
• Menjelaskan proses terbentuknya harga keseimbangan (ekwilibrium) dan menggam-barkannya dalam bentuk grafik

Kompetensi Dasar
Menginterpretasikan Elastisitas Permintaan dan Penawaran (Elastisitas harga)

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Elastisitas • Mendefinisikan elastisitas dan macam-macam elastisitas
• Memberi contoh penggunaan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari.
• Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel dan grafik
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan Penerimaan, Biaya, dan Keuntungan/ Kerugian

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Biaya, Penerimaan, dan Keuntungan/ Kerugian • Menyatakan arti penerimaan, biaya, dan keuntungan/kerugian
• Mengidentifikasi unsur-unsur biaya, penerimaan, dan keuntungan/kerugian
• Menguraikan secara verbal kondisi keuntungan maksimal



Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang menurut strukturnya

Materi Pokok
Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Struktur Pasar
• Mendefinisikan berbagai bentuk pasar menurut strukturnya
• Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar seperti: pasar persaingan sempurna; oligopoli dan monopoli
• Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna; oligopoli dan monopoli (khususnya bila terjadi di Indonesia)
• Memberi contoh berbagai bentuk pasar



Kelas II/1 dan 2

Kompetensi Dasar
Menganalisis pelaku ekonomi dan memperkenalkan model diagram interaksi pelaku ekonomi.

Materi Pokok
Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Pelaku-pelaku Ekonomi dan interaksinya • Menguraikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri)
• Menyatakan dan memberi contoh motif yang mempengaruhi perilaku konsumen dan perilaku produsen
• Menguraikan arus lingkar dalam ekonomi (Circulair Flow Diagram)

Kompetensi Dasar
Menguraikan Konsep Pendapatan Nasional

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Pendapatan Nasional • Mendefinisikan PDB, PNB, PN, pendapatan disposibel dan pendapatan perkapita.
• Membedakan metode perhitungan pendapatan nasional (metode pendapatan, produksi, dan pengeluaran)
• Membaca tabel pendapatan nasional dengan data sederhana
• Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional
• Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.

Kompetensi Dasar
Menguraikan upaya perluasan kesempatan kerja dan peningkatan kualitas kerja.

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Kesempatan kerja dan kualitas kerja • Mendefinisikan arti angkatan kerja, tenaga kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran
• Mengidentifikasi jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya
• Memberi contoh cara-cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi pengangguran khususnya di Indonesia
• Memberi saran peningkatan kualitas kerja.




Kompetensi Dasar
Menganalisis APBN dan APBD serta pengaruhnya terhadap perekonomian

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• APBN dan APBD • Menguraikan arti, fungsi, dan tujuan APBN dan APBD
• Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan daerah
• Memberi contoh jenis pembelanjaan (budget) pemerintah pusat dan daerah
• Menguraikan pengaruh APBN dan APBD terhadap perekonomian

Kompetensi Dasar
Menganalisis tentang kebijakan anggaran

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Kebijakan Anggaran • Menjelaskan kebijakan anggaran
• Membedakan macam-macam kebijakan anggaran (seimbang, dinamis, defisit, dan surplus)

Kompetensi Dasar
Menilai tentang kebijakan pemerintah di bidang perpajakan

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Perpajakan • Mendefinisikan pajak
• Menguraikan fungsi pajak
• Membedakan pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
• Mengidentifikasi jenis-jenis pajak yang berlaku di Indonesia dan di daerah masing-masing saat ini
• Memberikan saran pentingnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

Kompetensi Dasar
Menganalisis tentang Kebijakan Fiskal

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Kebijakan Fiskal • Mendefinisikan kebijakan fiskal
• Mengidentifikasi jenis-jenis kebijakan fiskal
• Memberikan contoh kebijakan fiskal



Kompetensi Dasar
Menganalisis tentang uang yang beredar dalam masyarakat

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Arus uang dalam perekonomian • Menjelaskan fungsi uang
• Menguraikan motif memegang uang
• Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan uang dan jumlah uang beredar

Kompetensi Dasar
Menilai peranan Bank dan Lembaga Keuangan dalam perekonomian.

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Bank dan Lembaga keuangan lainnya • Menguraikan fungsi Bank Sentral, Bank Umum, Bank Syariah, dan Bank Perkreditan Rakyat
• Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan jasa Bank dalam kehidupan sehari-hari
• Menguraikan aspek positif dan negatif dari keberadaan Bank di tengah-tengah masyarakat.
• Menyebutkan jenis-jenis dan fungsi lembaga keuangan lainnya

Kompetensi Dasar
Menilai tentang Perkreditan di Indonesia

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Kredit • Mendefinisikan kredit
• Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit bank (5 C)
• Mengungkapkan kebaikan dan keburukan kerdit bagi nasabah (rumah tangga, perusahaan, dan negara)

Kompetensi Dasar
Menganalisis tentang kebijakan moneter

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Kebijakan Moneter • Mengidentifikasi tujuan-tujuan diberlakukannya kebijakan moneter
• Menguraikan bentuk-bentuk kebijakan moneter
• Memberi contoh kebijakan moneter di Indonesia.




Kompetensi Dasar
Menguraikan tentang sistem standar moneter

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Sistem standar moneter • Menguraikan jenis-jenis sistem standar moneter yang pernah diberlakukan di Indonesia
• Menguraikan kekurangan dan kelebihan masing-masing sistem standar moneter

Kompetensi Dasar
Menganalisis konsep inflasi dan cara mengatasinya

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Inflasi • Mendefinisikan pengertian inflasi
• Menarik kesimpulan sebab-sebab timbulnya inflasi
• Menarik kesimpulan dampak inflasi terhadap kegiatan ekonomi
• Mengidentifikasi cara-cara mengatasi inflasi

Kompetensi Dasar
Menganalisis hubungan ekonomi dengan luar negeri

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Neraca Pembayaran • Mendefinisikan neraca pembayaran
• Mengelompokkan komponen-komponen neraca pembayaran
• Membedakan neraca pembayaran defisit, surplus, dan seimbang beserta dampaknya terhadap perekonomian suatu negara

• Perdagangan internasional • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendo-rong terjadinya perdagangan internasional
• Mengidentifikasi manfaat adanya perdagangan internasional bagi suatu negara
• Mengidentifikasi alat-alat pembayaran luar negeri
• Membedakan kurs jual dan kurs beli sebagai alat pembayaran luar negeri
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi kurs alat pembayaran luar negeri




Kelas III/1 dan 2

Kompetensi Dasar
Menerangkan fungsi matematis dan grafik dalam analisa ekonomi

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Peralatan grafis dan matematis dalam analisis ekonomi
• Menjelaskan fungsi matematis dan cara menggambarkannya
• Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi
• Menghitung koefisien elastisitas harga permintaan dan koefisien harga penawaran (pendekatan deferensial) *)
• Menerapkan penggunaan angka indeks harga konsumen dalam analisis ekonomi
• Membuat kesimpulan tentang harga keseimbangan dari fungsi permintaan dan penawaran
• Membuat persamaan matematik dari data permintaan dan penawaran dalam bentuk tabel.

Kompetensi Dasar
Mengklasifikasi jenis-jenis pasar yang penting dalam kegiatan ekonomi

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Pasar uang; Pasar modal (bursa efek); Pasar valuta asing; Pasar tenaga kerja; dan Pasar komoditi • Mendefinisikan dan menjelaskan fungsi masing-masing jenis pasar/bursa
• Mengungkapkan manfaat keberadaan masing-masing jenis pasar/bursa bagi perekonomian masyarakat
• Menyatakan alasan-alasan campur tangan pemerintah



*) Diberikan kepada siswa diatas rata-rata

Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan penerimaan, biaya, dan keuntungan

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Penerimaan, biaya, dan keuntungan • Mendefinisikan penerimaan, biaya, dan keuntungan
• Menyusun tabel penerimaan dan biaya perusahaan
• Menghitung penerimaan marjinal (marginal revenue), biaya marjinal (marginal cost) dengan menggunakan tabel
• Menyatakan secara verbal kondisi keuntungan maksimal.

Kompetensi Dasar
Menganalisis peran Badan Usaha Swasta dalam perekonomian

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Badan Usaha Swasta • Memberi contoh bentuk-bentuk badan usaha swasta
• Mengidentifikasi peran badan usaha swasta dalam perekonomian Indonesia
• Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan badan usaha swasta

Kompetensi Dasar
Menganalisis peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian Indonesia

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• BUMN dan BUMD • Memberi contoh sektor-sektor yang dikelola oleh negara/daerah
• Mengidentifikasi peran BUMN/BUMD terhadap peningkatan kemakmuran rakyat Indonesia umumnya dan daerah setempat khususnya
• Menilai kelebihan dan kekurangan badan usaha negara/daerah




Kompetensi Dasar
Menerapkan pengelolaan koperasi secara sederhana

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Koperasi Indonesia dan Koperasi Sekolah • Menguraikan prinsip dasar koperasi menurut UUD 1945 pasal 33
• Mengidentifikasi peran koperasi terhadap peningkatan kemakmuran rakyat Indonesia umumnya daerah setempat khususnya
• Menilai kelebihan dan kekurangan koperasi
• Membuat laporan cara mendirikan dan mengelola koperasi termasuk koperasi sekolah

Kompetensi Dasar
Menguraikan tentang peran Wirausaha dalam perekonomian nasional

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Wirausaha • Mendefinisikan wirausaha dan perannya dalam perekonomian nasional
• Mengidentifikasi motif-motif berusaha
• Mengidentifikasi ciri-ciri wirausaha
• Mengidentifikasi prasyarat menjadi wirausaha
• Memberi contoh sektor-sektor yang dapat dimasuki wirausaha

Kompetensi Dasar
Menguraikan tentang badan-badan kerjasama ekonomi internasional yang berkaitan dengan Indonesia

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Kerjasama Ekonomi Internasional • Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerjasama ekonomi internasional yang berkaitan dengan Indonesia
• Menjelaskan pengertian globalisasi ekonomi dan perdagangan bebas
• Menilai dampaknya terhadap ekonomi Indonesia
• Menguraikan upaya-upaya mempertahankan nilai-nilai budaya positif dan martabat bangsa dalam menghadapi era global dan perda-gangan bebas abad 21




Kompetensi Dasar
Menguraikan beberapa aspek dan alat transaksi internasional sebagai akibat perdagangan dan pinjaman internasional

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Analisis Ekonomi Internasional • Mendefinisikan devisa dan menjelaskan fungsi devisa
• Mengidentifikasi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya
• Menguraikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing
• Menguraikan keburukan dan kebaikan utang luar negeri bagi Indonesia.
• Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan badan usaha swasta (terutama PMA di Indonesia)

Kompetensi Dasar
Menganalisis pembangunan ekonomi Indonesia

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Pembangunan Ekonomi Indonesia • Mendefinisikan pembangunan ekonomi
• Menarik kesimpulan secara sederhana tujuan pembangunan ekonomi Indonesia.
• Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia
• Menyebutkan contoh sederhana keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi dengan kasus Indonesia.

Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan sistem ekonomi yang berlaku di Indonesia (tradisional, kapitalis, sosialis, campuran)

Materi Pokok Indikator Pencapaian Hasil Belajar

• Sistem ekonomi • Mendefinisikan sistem ekonomi yang berlaku (tradisional, kapitalis, sosialis, campuran, dsb) *)
• Mengidentifikasi negara-negara yang menganut sistem ekonomi tersebut
• Memberikan contoh kebaikan dan keburukan masing-masing sistem ekonomi yang terjadi di Indonesia
• Menyebutkan ciri-ciri sistem ekonomi yang ada di Indonesia



*) Diberikan kepada siswa diatas rata-rata

1 komentar:

  1. boleh minta materi yang lain?
    juga untuk smp dan sd. terima kasih

    BalasHapus